Rabu, 20 Juni 2012

LED (Light Emitting Diode )


LED merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya, LED merupakan produk temuan lain setelah diode. Strukturnya sama dengan dioda, tetapi belakangan ditemukan bahwa elekron yang menerjang sambungan P-N juga melepaskan energi berupa energi panas dan energi cahaya. LED dibuat agar lebih efisien mengeluarkan cahaya. Untuk mendapatkan emisi cahaya pada semikonduktor, doping yang dipakai adalah galium, arsenik, dan fosfor. Jenis doping yang berbeda menghasilkan warna cahaya yang berbeda pula. 


Gambar  :  Bentuk fisik LED

Pada saat ini warna-warna cahaya LED yang banyak adalah warna merah, kuning, dan hijau. Dan LED berwarna biru sangat langka. Pada dasarnya semua warna bisa dihasilkan, namun akan menjadi sangat mahal dan tidak efisien. Dalam memilih LED selain warna, perlu diperhatikan kerja arus maksimum dan disipasi dayanya. Rumah (chasing) LED dan bentuknya bermacam-macam ada yang bersegi empat, bulat, lonjong.

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar kawan - kawan, baik berupa pertanyaan ataupun saran yang sifatnya membangun. komentar kawan - kawan sangat berharga untuk kemajuan blog ini. kalau bisa mohon hindari penggunaan Anonim. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Terimakasih....